menu123

Monday, June 6, 2016

VARIABEL DALAM PENELITIAN

  • Variabel independen merupakan variabel yang mempengaruhi/ menjadi sebab perubahan/timbulnya variabel dependen. Variabel independent merupakan variabel yang kedudukannya memberi pengaruh terhadap variabel dependent, yang dapat dimanipulasi di ubah atau diganti (Mulyatiningsih, 2012). Independent variables are those that the researcher chooses to study in order to assess their possible effect(s) on one or more other variables (Fraenkel & Norman).
  • Variabel dependen merupakan variabel yang dipengaruhi/yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas.Variabel dependent adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel independent (Mulyatiningsih, 2012)
  • Variabel moderator merupakan variabel yang mempengaruhi (memperkuat/memperlemah) hubungan di antara variabel independen dan variabel dependen. A moderator variable is a special type of independent variable. it is a secondary independent variable that has been selected for study in order to determine if it affects or modifies the basic relationship between the primary independent variable and the dependent variable (Fraenkel & Norman, . Variabel moderator merupakan sebuah tipe khusus variabel bebas sekunder yang diangkat untuk menentukan apakah ia mempengaruhi hubungan antara variabel bebas primer dan variabel terikat (Best, 1997: Tuckman, 1978). Variabel moderator adalah faktor yang diukur, dimanipulasi/dipilih peneliti untuk mengungkapkan apakah faktor tersebut mengubah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat. Jika peneliti ingin mempelajari pengaruh variabel bebas X terhadap variabel terikat Y tetapi ragu-ragu apakah hubungan antara X clan Y tersebut berubah karena variabel Z, maka Z dapat dianalisis sebagai variabel moderator. Misalnya Hubungan perilaku suami dan isteri akan semakin baik (kuat) kalau mempunyai anak, dan akan semakin renggang kalau ada pihak ke tiga ikut mencampuri. Di sini anak adalah sebagai variabel moderator yang memperkuat hubungan, dan pihak ke tiga adalah sebagai variabel moderator yang memperlemah hubungan. Hubungan motivasi dan produktivitas kerja akan semakin kuat bila peranan pemimpin dalam menciptakan ikiim kerja sangat baik, dan hubungan semakin rendah bila peranan pemimpin kurang baik dalam menciptakan ikiim kerja.

Sumber: Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta
              How to Design and Evaluate Research in Education (Seventh Edition) oleh Jack R. Fraenkel
              & Norman E. Wallen



No comments:

Post a Comment